Langkah-langkah Memperkuat Niat Haji dan Umroh

LABAIKALLAHUMMA LABAIK
Ya Allah… aku datang memenuhi panggilan-Mu…

Sebuah quote yang menyejukkan, kalimah thoyyibah yang penuh dengan nuansa keimanan…
Sebuah lantunan, ungkapan kerinduan mendalam pada Robb ar-Rahman ar-Rahiim

Siapa yang tidak ingin pergi haji, selagi dia Muslim yang mengetahui bahwa salah satu rukun Islam adalah haji pastilah timbul keinginan untuk menunaikan ibadah ini. Begitupun saya. Sudah lama saya utarakan niat untuk memberangkatkan orangtua ke tanah suci. Saya tak banyak mengerti soal agama. Yang saya tahu saya sudah memiliki cita-cita baik yang suatu saat pasti saya kejar, tapi bukan saat ini karena kondisi yang tidak memungkinkan.
Setelah menikah, Alhamdulillah saya mendapat banyak kesempatan untuk menimba ilmu. Suami saya adalah seorang guru agama, saya menyebutnya sebagai ustadz yang luar biasa - sebuah sanjungan dari seorang istri J.

Berulangkali saya menerima tausiyah dari beliau, semakin terbuka mata hati dan pikiran saya. Ini tidak lepas dari rahmat dan kasih sayang-Nya pada setiap hamba-Nya. Kewajiban berhaji sebagai rukun Islam yang kelima merupakan sebuah hal penting yang wajib ditunaikan oleh setiap individu Muslim. Dan pertama, untuk memenuhinya kita perlu memiliki niat yang kuat. Saya mengevaluasi niat saya selama ini. Niat yang benar dalam Islam adalah niat yang lurus hanya karena Allah SWT dan diiringi dengan tindakan nyata untuk mewujudkan amalan sholeh yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Apakah saya sudah benar-benar menguatkan niat saya untuk pergi haji? Astaghfirullah…

Walaupun rejeki kita belum cukup untuk digunakan sebagai bekal berangkat ke Baitullah, tapi niat kita jangan sampai terkikis. Allah dengan segala kuasa-Nya akan mampu memberangkatkan hamba-hamba pilihan-Nya. Sungguh saya jadi malu…

Saya akan susun langkah-langkah yang mudah-mudahan dapat melanggengkan bahkan menguatkan niat haji dan umroh yang sudah ada dalam hati :
  •   Berniat dalam hati untuk dapat menunaikan ibadah haji dan umroh. 
  • Mari kita review beberapa buku motivasi populer yang banyak menekankan bahwa kemungkinan terwujudnya sebuah impian adalah ketika kita menuliskan impian kita itu. Haji dan umroh adalah impian setiap Muslim yang taat, jadi silakan tulis impian haji dan umroh pada sebuah buku impian atau dibuat besar-besar di papan tulis seperti di rumah saya.
  • Langkah selanjutnya adalah menapaki perjalanan menuju ibadah haji yang sesungguhnya. Dimulai dari menuntut ilmu tentang haji dan umroh, banyak bertanya dan mencari referensi. Jangan malu bertanya. Alhamdulillah saya bisa banyak bertanya pada suami saya, kalau Anda ingin bertanya pada beliau saya persilakan J
  • Berikutnya adalah melakukan pengkondisian mengenai biaya keberangkatan. Allah SWT telah mengatur rejeki setiap hamba-Nya yang datang dari arah yang tidak dapat diduga. Saat ini sudah banyak dibuka jenis tabungan haji bank syariah sebagai sarana untuk memudahkan keberangkatan haji kita. Atau jika masih belum mampu untuk membuka rekening haji yang masih dikenakan setoran minimal janganlah berputus asa. Saya sendiri belum memiliki tabungan khusus seperti itu, yang baru bisa saya lakukan adalah menyimpan kelebihan uang belanja pada safety box pribadi yang kemudian uangnya saya titipkan di sebuah wakalah yang insyaAllah aman dan kredibel.
  • Berdoa, ingatlah betapa dahsyat kekuatan doa, akhiri dengan tawakal ilallah. Semoga niat kita memiliki nilai apapun ketetapan yang telah Allah gariskan.
Mari kita bersama-sama mencoba menjalankan langkah-langkah tersebut dengan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan Allah ridha dan memberikan yang terbaik atas kesungguhan kita.

Labbaikallahumma labaik…..

Oleh: H. Qonita Abidatullah
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Peduli 1000 Yatim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger