Enam Perkara Pokok dalam Menuntut Ilmu


1. Zakaaun , yang artinya cerdas. 
    Cerdas yang dimaksud bukan hanya cerdas secara zhahir, tapi lebih kepada makna hakiki yaitu cerdas dalam melapangkan hati untuk ikhlas menerima ilmu yang disampaikan. Ikhlas hanya untuk menggapai ridha Allah SWT.

2. Kirsun yang artinya penuh semangat.
    Tidakkah kita melihat, sekian banyak motivator terkenal selalu mengatakan bahwa separuh dari keberhasilan kita tergantung dari seberapa kuat kesungguhan kita. Lebih – lebih dalam perkara menuntut ilmu wajib, kita harus lebih sungguh-sungguh. Satu hal yang menjadi indikator bahwa kita sungguh-sungguh adalah menjalan proses pengkajian ilmu dengan penuh semangat. Tiada kata malas, tiada kata jenuh, karena semuanya diniatkan lillahi ta’ala.

3. Wastibaaunn yang artinya sabar.
     Bersabar dalam menjalani proses pengkajian ilmu.

4. Wabulghotun yang artinya biaya.
     Menuntut ilmu perlu biaya, biaya berupa materi maupun tenaga, waktu dan segala macam pengorbanan.

5. Washubatul ustadzi yang artinya bersahabat dengan para ustadz. Menuntut ilmu terutama ilmu Dien tidak dapat dikaji seorang diri. Menuntut ilmu Dien memerlukan arahan dan bimbingan dari seorang ustadz/ustadzah (Arab: guru) yang dianggap mumpuni dalam mengarahkan pola pikir dan keimanan kita sebagai santri. Tentu saja hal yang perlu diperhatikan seorang santri (murid) adalah menjalin tali persahabatan dengan para ustadz/ustadzah agar tercipta suasana yang nyaman saat proses belajar mengajar. 

6. Watuluzzamany yang artinya perlu waktu.
     Di atas semua daya dan upaya kita iringi dengan doa dan tawakal. Panjatkan doa supaya ilmu yang kita pelajari bisa bermanfaat bagi diri dan lingkungan kita dan menyerahkan segalanya kepada Allah SWT. Dan tentu saja semua ini perlu waktu. Sebagai umat Muslim kita diperintahkan untuk menuntut ilmu dari buaian sampai liang lahat, dan akan datang masanya kita dapat mengambil hikmah di balik semua amalan yang telah kita lakukan.

Oleh: Abu Mujahid
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Peduli 1000 Yatim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger